Cara Update iOS iPhone dengan menggunakan iTunes | Apple belum lama ini merilis update terbaru untuk pengguna iPhone dan iPad, salah satunya diperuntukkan bagi pada pengguna yang masih setia dengan iPhone 5S dan iPhone 6 yang terbilang sudah cukup lawas. Kedua jenis iPhone ini kebagian pembaruan iOS 12.4.6 sedangkan iPhone seri lebih baru mendapat pembaruan menuju iOS 13.5


Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara update iOS di iPhone artikel ini akan memandu kamu agar dengan mudah dapat melakukan update sehingga tidak ketinggalan dan tetap dapat merasakan manfaat dari iOS terbaru Apple.


Cara update iPhone dapat dilakukan dengan cara OTA namun dapat juga dilakukan dengan menggunakan iTunes. Metode OTA dapat dilakukan dengan cara masuk ke Pengaturan pada menu General. Pembaruan dengan metode OTA ini disarankan melalui WiFi dengan koneksi yang stabil agar dapat berlangsung tanpa adanya gangguan.


Baca Juga: Cara membedakan iPhone original dengan iPhone repurbish atau rekondisi


Cara kedua adalah update iOS melalui iTunes. Pertama kamu harus download aplikasi iTunes dan install di leptop kamu. Kedua adalah download iOS terbaru dan pastikan spesifikasinya telah sesuai dengan iPhone kamu. Situs untuk mendownload firmware ini saya biasanya menggunakan ipsw.me


Setelah iTunes sudah terintall dan iOS sudah didownload selanjutnya melakukan update iOS. Buka iTunes dan sambungkan iPhone kamu dengan menggunakan kabel data. pada saat megnkoneksikan ini pastikan iPhone kamu dalam keadaan aktif dan tidak terkunci. Selanjutnya akan ada permintaan persetujuan di iPhone, setujui. Demikian pula pada iTunes, setujui permintaan yang muncul.



Jika iPhone dan iTunes sudah terhubung, klik icon iPhone pada bagian kiri atas iTunes. Biasanya akan muncul notifikasi untuk update iOS, cancel dan abaikan notifikasi yang muncul.


Selanjutnya, pada menu upadate yang tampil pada iTunes, tekan Shift pada keyword (untuk pengguna Windows) dan klik update. Setelah muncul jendela baru, cari dan temukan direktori firmware ipsw iOS yang sudah di download tadi. Tunggu prosesnya hingga selesai. iPhone akan mengalami booting tunggu hingga selesai. Pastikan selama proses update iPhone tetap terhubung dengan iTunes. Jadi, jangan sampai kabel data terlepas dari leptop.


Proses update akan memakan waktu kira-kira15-20 menit. Setelah selesai, iPhone akan menampilkan tampilan awal seperti pertama kali di hidupkan, dan selamat iPhone kamu sudah terpasang iOS terbaru.


Fitur baru iOS 12.4.6


Dilansir dari situs apple.com bahwa pembaruan iOS 12.4.6 ini menghadirkan peningkatan kinerja pada album foto sehingga pengguna bisa lebih mudah menemukan dan membagikan foto-foto yang ada. Selain itu, juga terdapat pembaruan pada emoji yang lebih menarik.


Screen Time juga menjadi lebih baik sehingga pengguna lebih mudah mengetahui dan mengontrol aktivitasnya dalam menggunakan perangkat. Pembaruan ini juga mengoptimalkan performa Siri dengan adanya pintasan yang lebih memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi.


Secara sepintas pembaruan ini memang tidak memberikan perubahan yang besar namun diklaim dapat meningkatkan keamanan dan performa perangkat sehingga sekelas iPhone 5S dan iPhone 6 masih tetap terasa nyaman untuk digunakan.


Demikiannlah Cara Update iOS iPhone dengan menggunakan iTunes serta beberapa pembaruan yang ada pada iOS 12.4.6. Cara update iOS ini berlaku untuk semua jenis iPhone dan iOS sehingga dapat pula digunakan untuk update iOS 13.5 serta iOS lainnya.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jika menemui kendala dalam proses update silahkan ditanyakan di kolom komentar.