Cara Organisir dan Rapikan File PDF di Komputer dengan Mendeley - Banyaknya dokumen dan data-data di komputer kadang-kadang membuat kita kebingungan untuk mencari dokumen tertentu yang tidak dibuka dalam jangka waktu yang cukup lama. Terlebih lagi jika kita tidak ingat nama file-file tersebut untuk melakukan pencarian.

Kali ini Yuken Tekno akan berbagi tips untuk mempermudah dalam mengatur file khususnya untuk memudahkan ketika mencari file tertentu di komputer.

Untuk keperluan ini, kita memerlukan software yang bernama Mendeley. Mendeley berfungsi layaknya aplikasi yang menampung seluruh dokumen yang ada di komputer termasuk file-file PDF.

Singkatnya, Mendeley memudahkan kita ketika ingin membuka file tertentu. Bahkan, dengan menggunakan Mendeley kita bisa lebih mudah mencari file dengan kontent tertentu, author, tahun, dan lain-lain.

Biasanya fitur pencarian di windows bekerja untuk mengindeks nama file atau data, pada Mendeley penelusuran pencariannya bisa mengindeks konten yang ada dalam file tertentu.

Misalnya ketika kita mencari file yang memuat kontent tentang Vitamin, maka Mendeley akan mengindeks semua file yang mengandung kata “vitamin” meskipun nama filenya tidak mengandung kata tersebut, keren kan ?!

Baca Juga:

Bisa dibilang aplikasi Mendeley mirip google offline yang berfungsi sebagai perpustakaan terhadap semua file-file kita di komputer. Tentunya aplikasi ini akan sangat beguna bagi kamu para pelajar, mahasiswa, dosen, atau bahkan peneliti yang biasanya menyimpan data-data dalam bentuk PDF di komputer.

Hanya dengan membuka aplikasi Mendeley, kita dapat melakukan pencarian termasuk dapat membaca dokumen tersebut. Jadi tidak perlu repot-repot mencari direktori penyimpanan file tersebut. Dengan menggunakan aplikasi mendeley kita juga dapat dengan mudah menulis artikel ilmiah dengan memanfaatkan fungsi-fungsi dari mendeley yang sudah terintegrasi dengan MS word. Baca: Cara menulis artikel ilmiah dengan bantuan aplikasi Mendeley

Baiklah, tak perlu berpanjang lebar lagi. Silahkan kamu masuk ke www.mendeley.com dan download aplikasi Mendeley Dekstop. Oh ya, sebagai langkah awal silahkan lakukan registrasi dengan email kamu agar semua data-data kamu dapat disingkronkan dengan Mendeley Cloud sehingga kamu dapat mengakses file dimanapun di perangkat yang lain.

Artinya dengan membuat akun mendeley kita dapat mengakses file yang sudah kita singkronisasikan sebelumnya pada leptop atau perangkat lain. Dengan demikian kita lebih mudah mengakses data-data atau referensi yang sudah kita kumpulkan sebelumnya.

Setelah download lakukan instalasi seperti biasa.
Buka aplikasinya dan login dengan email dan password yang kamu gunakan pada saat registrasi.


Langkah selanjutnya adalah mengorganisir file agar terbaca dan bisa diakses oleh aplikasi Mendeley. Caranya klik tombol add > add folder dan pilih folder dimana kamu menyimpan file tersebut. Jika pada folder tersebut menampung banyak jenis dokumen (bukan hanya PDF), kamu dapat menambahkan filenya satu per satu dengan memilih pilihan add file.



Selamat ! Sekarang file kamu sudah terindeks di Mendeley Dekstop. Berikutnya kamu tidak akan kesusahan lagi jika ingin mencari file tertentu di komputer, cukup buka aplikasinya dan lakukan pencarian.

Keunggulan Mendeley Dekstop ini tidak hanya sekedar memudahkan kamu dalam meneleusuri file-file yang ada di komputer, tapi juga sangat membantu ketika menyusun sebuah artikel ilmiah. Karena dengan aplikasi ini kamu dapat melakukan sitasi dengan mudah.


Salam Tekno !!