Cara Menggunakan Mendeley Dalam Penulisan Artikel Ilmiah - Mendeley adalah aplikasi yang banyak digunakan oleh para peneliti maupun mahasiswa sebagai sofware sitasi yang populer. Di dunia akademik, sebagian besar lembaga penerbit jurnal-jurnal ilmiah mengharuskan penulisan artikel ilmiah menggunakan Mendeley. Aplikasi ini juga bisa menjadi software atau library offline di komputer atau leptop, sehingga lebih memudahkan kita dalam membaca artikel atau referensi lain yang dibutuhkan.

Mahasiswa atau para dosen mestinya sudah bisa menggunakan aplikasi ini dalam penyusunan artikel ilmiah. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan mendeley dalam menulis artikel ilmiah.

Instalasi Mendeley di Komputer/Leptop

Tahap pertama yang kita butuhkan adalah menginstall aplikasi Mendeley. Silahkan masuk ke situs mendeley.com dan download installer sesuai tipe windows kalian. 

Sebelum menginstall aplikasi, terlebih dahulu kita harus membuat akun mendeley. Akun ini nanti yang akan kita gunakan untuk masuk ke aplikasi di leptop/komputer kita. Untuk membuat akun silahkan mendaftar di mendeley.com.

Baiklah, kita anggap akun mendeley telah selesai dibuat. Langkah selanjutnya adalah menginstall mendeley, dan mengisi data base mendeley di komputer/leptop. Untuk lebih mudahnya tahap ini sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya, silahkan klik disini.

Jika mendeley telah terintall dan file-file sudah diupload ke aplikasi, selanjutnya adalah mempersiapkan integrasi mendeley dengan MS. Word. Caranya adalah dengan mengintall plugin MS. Word di Mendeley. 

Masuk ke aplikasi mendeley, klik menu Tools, dan klik Install MS Word Plugin.


Untuk gambar diatas adalah kondisi mendeley saya yang sudah terinstall MS Word Plugin, untuk yang belum silahkan di install. Oh ya, untuk proses instalasi ini membutuhkan jaringan internet.

Jika persiapannya telah selesai, kita bisa memulai menggunakan mendeley yang sudah terintegrasi dengan MS Word. Perlu diperhatikan, bahwa mendeley adalah aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan sitasi, artinya, jika seperti biasanya kita mengetik sitasi secara manual, dengan adanya aplikasi ini kita tidak perlu lagi menuliskan sitasi secara manual.

Kelebihan lainnya dengan menggunakan aplikasi ini juga pada penulisan daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka dapat dilakukan secara otomatis, sehingga kita tidak perlu menulis daftar pustaka yang kita sitasi dalam tulisan secara manual, melainkan dapat dilakukan secara otomatis. 

Nah agar penulisan daftar pustaka yang bersumber dari Mendeley kita sesuai dengan unsur-unsur yang ada dalam jurnal atau buku yang kita sitasi, kita harus memastikan bahwa author, co-author, nama jurnal, volume jurnal, tahun terbit, dan sebagaianya telah ter-setting dengan benar di dalam mendeley. Biasanya jika jurnal yang kita masukkan ke aplikasi sudah ter-setting dengan urutan yang benar.

Menulis Artikel Ilmiah dengan memanfaatkan Mendeley

Baiklah, pengaturan mendeley kita anggap sudah selesai dan siap untuk menulis dengan memanfaatkan aplikasi mendeley sebagai sumber sitasi.

Menulislah seperti biasa di MS Word, apakah artikel jurnal, skripsi, tesis, disertasi, dan sebagainya. Tulislah ulasan atau pembahasan seperti biasa, dan ketika sampai pada tahapan dimana kita harus memasukkan sumber atau referensi untuk kalimat yang kita tulis, saat inilah kita memanfaatkan mendeley.

Misalnya kita telah menulis uraian seperti ini:

itik lokal indonesia yang tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia memiliki keragaman genetik yang tinggi, hal ini ditunjukkan dengan kondisi morfometriknya yang beragam serta jarak genetiknya yang besar

Untuk penulisan karya ilmiah seperti ini tentunya dibutuhkan sumber referensi/sitasi untuk menguatkan uraian tersebut. Penulis yang tidak menggunakan mendeley dalam penulisan artikel ilmiah, biasanya menulis sitasi secara manual, tapi jika kita menggunakan mendeley kita tidak perlu menulisnya secara manual. 

Jika sudah sampai pada titik dimana kita akan memasukkan sitasi (biasanya diawal atau akhir kalimat, tergantung gaya penulisan masing-masing), selanjutnya klik menu Reference, dan klik Insert Citation. Perhatikan gambar dibawah ini.


Maka akan tampil kotak dialog speerti di bawah ini:



Kotak dialog ini berfungsi untuk pencarian nama author artikel yang kita sitasi dalam tulisan. Pada tahap ini tentu kita terlebih dahulu telah membaca Jurnal yang bersangkutan sehingga kita dengan mudah memilih pilihan jurnal yang benar. Untuk contoh ini kita menggunakan sumber sesuai dengan uraian yang kita tuliskan dalam tulisan.

Ketikkan saja nama author jurnal yang tulisannya kita sitasi sehingga muncul pilihan seperti di bawah ini:


Pilihlah artikel yang benar-benar menjadi sumber uraian yang kita tuliskan dalam kalimat, untuk contoh ini adalah artikel yang kedua pada kotak dialog di atas. Selanjutnya, klik OK.

Sampai disini kita telah berhasil memasukkan sitasi dalam tulisan, selanjutnya tinggal melanjutkan isi tulisan seperti biasa untuk membuat kalimat. Jika ingin memasukkan sitasi kembali, silahkan lakukan seperti cara yang telah diuraikan di atas.

Tidak hanya memudahkan dalam proses sitasi, penggunaan mendeley juga lebih memudahkan kita dalam membuat daftar pustaka. Misalkan dalam artikel ilmiah yang kita sudah selesaikan terdapat banyak sitasi yang sudah kita masukkan, tahap akhir adalah membuat daftar pustaka. Jadi dengan sekali klik semua tulisan yang kita sitasi akan tersusun dengan rapi sebagai daftar pustaka.

Caranya sangat mudah, silahkan klik pada menu references tadi, dan pilih Insert Bibliography. Maka daftar pustaka akan tersusun seperti ini:



Mudah bukan ?
Demikianlah cara menggunakan mendeley dalam penulisan artikel ilmiah. Dengan menggunakan aplikasi ini, tulisan kita akan terlihat lebih rapi dan profesional, dan menambah peluang agar lebih cepat diterima oleh lembaga penerbit jurnal ilmiah.