Tips Cara Mempercepat Loading Windows 10 - Komputer sudah menjadi kebutuhan kita dalam mengerjakan aktivitas terutama bagi orang-orang kantoran ataupun mahasiswa. Perangkat yang satu ini jika kita bandingkan dengan gadget android hampir tidak bisa dipisahkan dari aktivitas keseharian kita.

Namun adakalanya kita dihadapkan pada masalah dimana kinerja komputer kita terasa lambat. Baik saat pertama kali PC dihidupkan maupun saat kita membuka suatu aplikasi atau sekesar membuka folder.

Berikut Yuken Tekno akan memberikan beberapa Tips Cara Mempercepat Loading di Windows 10 kesayangan kamu.

1. Mematikan Aplikasi yang Berjalan Saat Startup

Perlu kita ketahui bahwa beberapa aplikasi yang terinstall di windows 10 otomatis berjalan saat kita menghidupkan PC. Oleh karena itu kita dapat mematikan beberapa aplikasi yang dirasa tidak penting untuk di-load saat start up.

Untuk mematikan aplikasi yang berjalan saat start up kamu bisa klik kanan pada taskbar dan masuk ke Task Manager > Startup. Pada tab startup silahkan pilih aplikasi yang ingin dimatikan dan rubah statusnya menjadi disable.


Dengan melakukan ini waktu loading PC kamu akan menjadi lebih cepat dari biasanya. Karena system Windows tidak perlu me-load aplikasi yang sudah kita matikan tadi.

2. Matikan Aplikasi yang Otomatis Berjalan di Background

Aplikasi yang berjalan di latar belakang tentu saja meningkatkan beban processor PC kamu. Terlebih lagi jika aplikasi tersebut adalah aplikasi yang tidak penting dan tidak kita inginkan berjalan di latar belakang.

Pada Windows 10 utamanya pada versi Redstone 4, kamu pasti mendapatkan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Untuk mengetahui dan mematikannya kamu dapat mengetikkan app background di kolom pencarian (Win +S). Disana kamu dapat memilih untuk menonaktifkan beberapa aplikasi agar tidak berjalan secara otomatis di latar belakang.

3. Mematikan Live Tile

Live tile merupakan salah satu fitur baru di windows 10 yang memungkinkan kita mendapat update terbaru dari beberapa aplikasi. Mematikan live tile merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mepercepat loading dan kinerja WIndows 10 kamu. (Baca juga: Fitur Baru Keren di Windows 10 Redstone 4)

Untuk mematikan live tile ini kamu cukup klik tombol start, klik kanan pada tile yang ingin dimatikan, dan pilih matikan live tile. Dengan cara ini tentunya dapat mengurangi aktivitas processor dan tentunya dapat memaksimalkan kinerja windows 10.

4. Uninstall Program yang Tidak Penting

Tips yang ke empat untuk mempercepat loading dan kinerja windows 10 adalah dengan cara melepas aplikasi atau program yang tidak penting. Caranya kamu cukup masuk ke Setting > Apps & Features dan silahkan pilih aplikasi yang ingin kamu uninstall.

Selain cara itu kamu juga bisa masuk ke control panel dengan melakukan pencarian (Win + S) dan ketikkan control panel dan masuk ke menu Programs.

5. Membersihkan File Sampah (Disk Cleanup)

Salah satu faktor yang dapat memperlambat kinerja dan loading windows 10 adalah banyaknya file yang tersimpan pada drive C. Bertambanya memory pada drive C terutama pada saat kita selesai melakukan upgrade windows atau selesai melakukan install ulang windows. Karena pada drive C muncul foder Windows Old yang merupakan file system pada windows kita sebelumnya.

Folder Windows old ini dapat kita hapus jika memang sudah tidak ingin kembali ke windows versi sebelumnya, dan tentunya akan menambah kapasitas memory pada drive C.

Cara menghapus forlder windows old dan file sampah lainnya dapat kamu lakukan dengan menggunakan Disk cleanup. Caranya silahkan kamu masuk ke drive C, dan klik Manage > Clean up. Pada jendela yang muncul selanjutnya, silahkan klik Clean up system files, cari dan centang folder Windows Old serta file sampah lain yang ingin kamu hapus, setelah itu klik Delete.



Proses ini akan berlangsung beberapa lama, apalagi memory yang ingin dihapus terbilang besar. Silahkan tunggu prosesnya, dan ketika selesai kamu akan merasakan kinerja PC kamu akan lebih ringan dari sebelumnya.

Demikian Tips Cara Mempercepat Loading Windows 10 yang dapat Yuken Tekno bagikan. Bagi yang punya cara lain, silahkan berbagi informasi pada kolom komentar.