Begini Cara Agar Tulisan di Blog Cepat Terindeks Google - Ngeblog memang terdengar keren, apalagi kita telah berhasil membangun blog yang bisa menjadi rujukan orang lain, dan memang itulah tujuan dalam pembuatan blog agar informasi yang kita bagikan dapat bermanfaat bagi pembaca yang mengakses blog kita melali internet.

Untuk itu, tentunya dalam mengembangkan sebuah blog atau sekedar hobi menulis di blog, kamu harus tau trik agar tulisan di blog dapat dengan mudah terindeks oleh mesin pencari utamanya Google. Kenapa Google  ? iya, karena google adalah mesin pencari yang populer yang digunakan untuk mencari apa saja di internet.

Berikut ini adalah tips agar tulisan kamu di blog dapat dengan mudah terindeks oleh google, dengan begitu orang lain akan lebih mudah menemukan dan membaca apa yang kamu tulis. Bukankan blog tanpa pengunjung sama saja kita membangun sebuah rumah dan dibiarkan kosong tanpa penghuni ?

Syarat pertama dan utama yang harus kamu penuhi adalah kamu harus punya blog. Ya iyalah harus punya blog, lagian kalo tidak punya blog, tulisan apa yang kamu inginkan oleh google untuk diindeks ? hehe.

Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster

Oke langsung saja, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan blog ke Google Webmaster.


Silahkan kunjungi Google Webmaster dan masuk menggunakan akun google kamu. selanjutnya klik Add Property yang ada di bagian kanan atas, dan masukkan alamat blog pada kolom yang tampil, dan klik Add.

Klik gambar untuk memperbesar

Selanjutnya kamu akan ditampilkan pada halaman ferivikasi. Pada tahap ini kamu akan ditawarkan 4 pilihan metode:
  • HTML tag
  • Domain Name Provider
  • Google Analiytics
  • Google Tag Manager
Pada tahap ini, jangan diklik dulu tombol ferivikasinya, tapi ikuti instruksi dari pilihan yang kamu ambil. Untuk pilihan yang saya anggap mudah adalah dengan metode verifikasi menggunakan Google Analytics.

Setelah kamu sudah melakukan tahapan ferivikasi yang dimaksud, baru klik tombol Ferivikasi. dan tunggu sampai status blog yang didaftarkan sudah terferivikasi.

Submit Sitemap dan Inspeksi URL

Jika telah selesai, tahapan selanjutnya adalah  men-submit sitemap/petasitus blog kamu. Caranya adalah klik menu Sitemaps yang ada pada jejeran menu sebelah kiri, dan ketikkan sitemap.xml dan submit.

Klik gambar untuk memperbesar


Berikutnya adalah melakukan URL inspection, caranya sama dengan submit sitemaps. Klik menu URL inspection di menu sebelah kiri dan masukkan link tulisan yang ada di blog kamu. Jadi disini kamu harus memasukkan semua linknya satu persatu untuk diinspeksi, dan selanjutnya minta pengindeksan.

Jika telah selesai, silahkan tunggu saja pasti tulisan di blog kamu sudah terindeks oleh google. Jadi setiap kamu mempublish tulisan di blog, atau melakukan perubahan di blog, sebaiknya lakukan submit sitemaps agar blog kamu lebih gampang terindeks oleh Google.

Salah satu faktor yang mempengaruhi cepat tidaknya blog terindeks google juga adalah SEO. Blog yang dioptimasi dengan SEO yang baik akan lebih cepat terindeks oleh google dibanding blog yang dibuat seadanya. Postingan atau artikel blog sedikit banyak juga berpengaruh, karena cara penulisan dan penyajian informasi yang kita tulis adalah salah satu nilai plus di mata mesin pencari

Selamat mencoba, semoga tips ini dapat meningkatkan pengunjung blog kamu dan tulisan kamu cepat terindeks oleh Google. Karena percuma kita membangun sebuah blog yang penuh tulisan tapi tidak mendapat kunjungan karena tidak terindeks oleh mesin pencari utamya yaitu google.