Manfaat dan Cara Membuat Blog | Blog adalah salah satu media untuk membagikan tulisan atau content yang bisa diakses oleh orang lain melalui internet. Dengan memiliki blog kita dapat membagikan tulisan kita sehingga bisa dibaca dan bermanfaat bagi orang lain.

Manfaat Memiliki Blog

Ada banyak manfaat dengan kita memiliki sebuah blog. Pertama adalah kita memiliki ruang sendiri di internet yang memungkinkan kita untuk membagikan tulisan ataupun content-content lain milik kita sehingga bisa diakses oleh pengguna internet. Dengan demikian kita dapat berbagi manfaat dengan orang lain melalui tulisan-tulisan kita di blog.

Kemudian pertanyaannya apa saja yang bisa kita tulis di blog ? Tulisan atau content blog ini tergantung kita ingin mengisinya dengan tulisan tentang apapun yang positif yang dapat bermanfaat bagi pembaca. Mengenai kebijakan content ini sebaiknya menyesuaikan dengan kebijakan penyedia layanan (jika anda menggunakan blgo gratisan) seperti Blogger. Pada intinya postingan blog sebaiknya tidak melanggar hukum.

Kedua, dengan memiliki blog kita bisa menyalurkan hobi sesuai dengan tema blog yang kita buat. Misalnya, seseorang yang hobi travelling dapat membuat blog tentang itu dan memuat tulisan-tulisan tentang travelling. Demikian pula yang hobynya menulis cerita dapat menyalurkan hobi tersebut melalui blog.

Artinya bahwa dengan memiliki blog, selain untuk berbagi dengan orang lain, aktifitas menulis (mengisi content blog) dapat menjadi sarana penyaluran hobi kita.

Ketiga, melalui blog kita dapat membangun jejaring dan pertemanan. Bagaimana caranya membangun jejaring dan pertemanan melalui blog ? Ingat, tulisan yang kita buat dan dipublikasikan melalui blog dapat dibaca oleh orang lain. Dengan kata lain, pembaca yang menemukan tulisan kita sedikit banyak memiliki latar belakang yang sama atau paling tidak memiliki kebutuhan tertentu dengan tulisan kita di blog.

Dengan kata lain interaksi dapat terjadi melalui kolom komentar yang ada pada setiap postingan kita, sehingga dengan demikian dapat membangun silaturahmi antara kita dengan pembaca. Jika tulisan blog kita berkualitas, tidak menutup kemungkinan dapat menarik pembaca tertentu untuk terus menerus mengunjugi blog kita. Oleh karena itu tulisan blog kita harus dapat ditemukan oleh orang lain diinternet. Baca: Cara Agar Tulisan di Blog Cepat Terindeks Google

Manfaat yang keempat dengan memiliki blog adalah dapat menjadi backup data terhadap tulisan kita. Iya, bisa saja tulisan kita di blog adalah data-data penting atau tutorial tertentu, maka dengan kita mempostingnya melalui tulisan di blog, suatu saat misalkan kita lupa akan cara atau data-data tersebut kita dapat mengaksesnya Kembali di blog kita.

Jadi, blog pada dasarnya bermanfaatn untuk diri kita sendiri. Adapun jika toh tulisan itu bermanfaat buat orang lain, anggaplah itu bonus. Hehe.

Kelima, dapat menghasilkan uang dari blog. Manfaat yang kelima ini adalah idaman dari setiap blogger (termasuk saya 😊). Mungkin ada yang bertanya, bagaimana caranya mendapat uang hanya dari nge-blog? Bisa kawan, yaitu menjadi publisher iklan pada Google Adsense.

Blog yang memiliki content berkualitas dan memiliki banyak pengunjung tetap adalah blog yang potensial untuk menghasilkan uang melalui Google Adsense. Dengan menjadi publisher Google Adsense kita dapat memperoleh penghasilan melalui iklan yang tayang di blog kita.

Akan tetapi, untuk memulai sebuah blog sebainya kita tidak semata-mata termotivasi untuk mendaftar ke Google Adsense. Fokuslah menulis dan berkreasi dengan tujuan memberikan manfaat bagi pembaca, sehingga aktifitas ­nge-blog kita terasa enjoy dan tidak semata-mata untuk mendapatkan uang.

Demikianlah beberapa manfaat dengan memiliki blog yang dapat kita peroleh. Selebihnya, jelas masih banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh dengan memiliki blog yang belum sempat diulas pada artikel ini. Intinya, mulailah hal baru yang positif melalui blog. Tidak ada ruginya.

Cara Membuat Blog

Setelah kita mengetahui manfaat dengan memiliki blog, selanjutnya bagaimana membuat blog baru. Sarana untuk membuat blog gratisan sebenarnya banyak, tetapi yang populer dan populer adalah Blogger.

Cara membuat blog di Blogger cukup mudah.

Yang pertama yang harus anda siapkan adalah akun Google. Untuk yang bingung bagaimana membuat akun google, mudah saja. Email Gmail yang anda miliki itu adalah akun google. Karena dengan satu akun google kita dapat menikmati layanan google termasuk blogger ini.

Berikutnya adalah silahkan kunjungi blogger.com tampilannya akan seperti dibawah ini, dan mulailah dengan membuat blog baru.


Selanjutnya silahkan buat nama blog kamu sesuai dengan keinginan dan atau tema (niche) yang akan kalian bahas di blog nantinya. Saran saya, sebaiknya buatlah nama blog yang sesuai. Misalnya blog yang membahas tentang resep makanan, buatlah nama yang kira-kira mewakili terhadap niche tersebut.

Klik gambar untuk memperbesar

Setelah selesai, kita tinggal memilih tema blog yang akan digunakan. Silahkan pilih salah satu, dan blog kita pun selesai dibuat. Silahkan mengisi blog dengan tulisan yang ingin dipublikasikan agar orang-orang dapat membacanya.

Sampai disini tahapan membuat blog telah selesai. Selanjutnya adalah membuat tulisan untuk mengisi content blog kita. Jangan lupa lakukan pengaturan dasar dengan menambahkan beberapa halaman penting di blog agar terlihat lebih professional. Baca: Pengaturan Dasar Setelah Membuat Blog Baru