Pemakaian daya baterai memang merupakan salah satu masalah utama pada sebagian besar smarthphone, termasuk android. Apalagi jika kapasitas baterai kamu terbilang kecil. Olehnya itu berikut adalah beberapa tips cara hemat baterai di Android yang dapat kamu coba agar baterai kamu bisa bertahan lebih lama.

Matikan Aplikasi yang berjalan di Background

Aplikasi yang berjalan di belakang layar (background) merupakan salah satu penyebab daya baterai smarthphone tidak bertahan lama. Aplikasi yang berjalan di background adalah aplikasi yang terus berjalan meskipun kita tidak menggunakan atau membuka aplikasi tersebut.

Tentunya, dengan mematikan aplikasi tersebut kita dapat lebih menghemat penggunaan baterai. Ada beberapa aplikasi backgorund yang dapat kamu matikan untuk lebih menghemat daya baterai diantaranya adalah Facebook.

Facebook memang mengakui bahwa produknya dapat menghabiskan lebih banyak daya dari pada kebanyakan aplikasi lain, hal ini karena aplikasi facebook terus me-load pembaruan dan notifikasi di smartphone. Olehnya itu, dengan mematikan notifikasi, dan akses background activity pada aplikasi Facebook dapat menghemat penggunaan baterai.

Selain Facebook, kamu juga dapat mematikan aplikasi lain yang berjalan di background seperti email, instagram, dan aplikasi lain yang kamu anggap tidak terlalu penting. Namun tentunya, dengan mematikan fitur ini kamu tidak dapat menerima notifikasi kecuali kita membuka aplikasi tersebut.

Cara mematikan aplikasi yang berjalan di background ini berbeda pada jenis smarthphone. Namun biasanya terdapat pada pengaturan, palikasi, dan pengaturan akses aplikasi. Silahkan kamu cari berdasarkan smarthphone masing-masing.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Banyaknya aplikasi di smarthphone tentu akan memakan lebih banyak daya yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jadi, dengan meng-uninstall aplikasi akan lebih menghemat daya baterai karena pemakaian yang minim. Cobalah periksa dan cermati setiap aplikasi yang ada di smartphone kamu, pasti begitu banyak aplikasi yang terinstall yang bahkan sangat jarang digunakan.

Atur Auto Start Hanya Untuk Aplikasi Yang Penting

Auto start adalah fitur smartphone yang memungkinkannya untuk me-load aplikasi tertentu saat pertama kali di hidupkan. Dengan kata lain, aplikasi tertentu akan langsung berjalan saat pertama kali menghidupkan smartphone.

Kamu pasti sering megngalami dimana saat pertama menghidupkan smartphone, langsung diserang notifikasi dari berbagai macam aplikasi yang ada di smartphone kamu. Aplikasi yang me-load pertama kali saat smartphone dihidupkan inilah termasuk aplikasi yang berjlan di belakang layar seperti dibahas di atas.

Pada smartphone tertentu sperti Xiaomi, fitur auto start ini dapat kita atur sesuai dengan keinginan. Sehingga penggunaan baterai bisa lebih hemat.

Jangan Sering Membersihkan Cache/Clear Memory

Data ter-cache kelihatannya memang memakan ruang penyimpanan di smartphone. Tapi tahukan kamu sebenarnya fungsi cache pada smartphone ?

Data ter-cache pada prinsipnya adalah data yang tersimpan di perangkat karena aktivitas aplikasi/processor. Misalnya kita baru saja membuka sebuah aplikasi, sebut saja Facebook, data-data saat kita membuka beranda akan tersimpan sebagai data ter-cache. Jadi, ketika kita membuka Facebook untuk kedua kalinya, processor tidak perlu lagi me-load data-data tersebut dari awal, melainkan hanya mengaksesnya dari data ter-cache.

Dengan kata lain, jika kita telah menghapus data ter-cache, otomatis processor akan me-load-nya dari awal sehingga memakan lebih banyak daya baterai.

Hindari Charging Smartphone dalam Keadaan Hidup

Biasanya, lantaran sibuk atau memang kebiasaan, kita men-cas smartphone dalam keadaan hidup. Sebenarnya jika dilakukan sekali-sekali sih tidak masalah. Tapi jika setiap ngecas tidak pernah mematikan perangkat, hal itu akan sangat berbahaya terahadap kesehatan baterai.

Baterai yang dicas dalam keadaan hidup akan menjadi lebih panas dan bekerja lebih berat karena selain dalam kondisi mengisi ulang, processor perangkat juga terus bekerja. Hal ini dapat memperburuk daya tahan baterai.

Hal ini hampir sama dengan mencas smartphone semalam. Sebaiknya dihindari. Karena input arus listrik terus berjalan meskipun baterai sudah full. Pada sebagian besar smartphone memang sudah dibekali dengan fitur yang otomatis memutus aliran listrik saat full, tapi untuk lebih menjaga kualitas baterai sebaiknya hal ini dihindari.

Itulah beberapa trik cara hemat baterai di smartphone yang dapat kamu coba. Semoga bermanfaat.