Ini Cara Tethering HP ke Leptop Tanpa Takut Boros Kuota - Zaman sekarang internet bisa dikatakan telah menjadi salah satu kebutuhan pokok sebagain orang. Terlebih lagi dengan perkembangan smartphone yang mengharuskan kita tergantung pada kuota internet yang bisa dibilang harganya tidak murah. Belum lagi kebutuhan lain yang mengharuskan kita terhubung dengan internet, sebut saja sebagai mahasiswa yang tentu saja membutuhkan internet untuk menunjang pendidikan yang tengah ditempuh.

Penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Selain sebagai sarana mengakses informasi melalui internet, sarana komunikasi yang saat ini populer seperti WhatsApp dan sebagainya memerlukan akses internet.

Selain itu, keperluan internet untuk menunjang pekerjaan sangat diperlukan misalnya mengirim email, dan sebagainya. Untuk yang memiliki kelebihan rejeki untuk berlanggaran Wifi masalah kuota memang bukan menjadi masalah. Tapi bagi pengguna yang biasa menggunakan internet melalui leptop dengan mengandalkan kuota internet di hp tentu bisa menjadi masalah.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pengaturan khusus agar kuota internet tidak boros saat tetring ke leptop.

Tips ini tentunya sangat berguna bagi kalian dengan kuota terbatas, terutama bagi mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Memang sekarang ini setiap kampus pasti menyediakan wifi gratis, tapi tentunya akan lebih nyaman bila mengerjakan tugas di kos atau dirumah dengan kondisi yang lebih tenang.

Baca Juga:

Untuk kamu yang suka tethering menggunakan HP ke leptop tentu sering dihantui perasaan takut akan borosnya kuota yng digunakan. Sebenarnya memang ada benarnya, tapi jika kita tahu pengaturan tertentu, penggunaan data akan jauh lebih hemat.

Perlu kita ketahui bahwa borosnya penggunaan data ketika kita menggunakan leptop biasanya karena ada aplikasi yang berjalan di backgorund, terutama yang paling banyak menyedot kuota adalah Update Windows. Update windows ini sebenarnya yang menggunakan sebagian besar bandwidth saat kita terhubung ke internet.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menonaktifkan update otomatis di pengaturan windows, atau dengan merubah jadwal update sesuai dengan kebutuhan. Jadi kita bisa mengatur jadwal update windows misalnya hanya jika kita terhubung ke jaringan WiFi. 

Cara berikutnya yang terbukti ampuh untuk menghemat kuota saat menggunakan tethering dari HP adalah dengan mengaktifkan Metered Conection pada pengaturan wifi di leptop. Caranya cukup mudah, klik ikon wifi pada Icon Tray, dan klik properties pada nama jaringan yang tersambung dengan leptop/komputer, lalu aktifkan metered connection


Setelah mengaktifkan metered connection ini, jaringan internet yang terpakai sepenuhnya bergantung pada pemakaian kita melalui browser. Tentu jika hanya sekerdar keperluan browsing, atau download jurnal akan sangat menghemat kuota. Saya biasa menggunakan hingga dalam waktu 3 jam hanya menghabiskan kuota data sekitar 60 MB saja.

Pengaruan metered connection ini hanya sekali dilakukan untuk setiap koneksi pada jenis hp tertentu. Artinya jika sudah pernah terkoneksi dengan satu hp sebelumnya, ketika kembali menggunakan tetring dari hp tersebut ke leptop, tidak perlu dilakukan pengaturan ini lagi.

Tapi jika hp yang digunakan adalah hp yang belum pernah ditetring sebelumnya dengan leptop, atau hp kita baru pertama kali di tetring ke leptop orang lain, pengaturan ini harus dilakukan agar pemakaian kuota internet hp tidak boros.

Demikianlah cara menghemat kuota tethering HP ke leptop dengan mudah. Silahkan dicoba, dan kita bisa lebih nyaman surfing di internet menggunakan leptop dengan modal kuota data dari HP tanpa perlu memikirkan kehabisan kuota data.