Pengaturan Dasar Setelah Membuat Blog Baru | Pada postingan sebelumnya kita telah membahas Manfaat dan Cara Membuat Blog. Selanjutnya kita perlu melakukan beberapa pengaturan dasar pada blog yang baru kita buat agar terlihat lebih rapi dan porfesional, dan tentu saja agar lebih ramah di mata mesin pencari agar lebih mudah terindeks oleh google.

Pengaturan dasar yang pertama perlu dilakukan setelah membuat blog adalah mengaktifkan visibilitas mesin pencari terhadap blog kita. Tujuannya adalah agar blog kita dapat terindeks oleh mesin pencari. Fitur ini harus diaktifkan agar blog kita muncul di mata mesin pencari.

Baca Juga: Cara agar Tulisan di Blog Cepat Terindeks Google

Caranya adalah masuk ke dashboard blogger, pada bagian sebelah kiri klik menu setting à Basic (pengaturan blogger saya menggunakan Bahasa inggris, silahkan menyesuaikan)

Klik gambar untuk memperbesar

Pada gambar diatas terlihat bahwa pengaturan privacy menunjukkan visible to search engines dan disampingnya ada tulisan edit. Untuk kamu yang baru membuat blog klik edit tersebut untuk mengaktifkan agar tampilannya sama seperti punya saya di atas yaitu visible to search engines.

Selanjutnya, pada bagian HTTPS telihat punya saya (gambar di atas) menunjukkan indicator yes. Blog baru milik kamu biasanya masih berstatus no.  Saran saya aktifkan juga fitur ini menjadi yes agar SSL Connection (keamanan blog) di blog kita aktif.

Kembali ke menu setting, pada bagian search and preferences aktifkan juga costum robots.txt dan costum robots header tag. Fitur ini membantu dalam memudahkan penelusuran web dan memblokir jika ada link yang error dan mengembalikan pembaca ke halaman home blog kita.

Klik gambar untuk memperbesar

Berikutnya yang tidak kalah pentingnya untuk dilakukan bagi blog yang baru dibuat adalah menambahkan beberapa halaman penting seperti halaman Tentang, Kebijakan Privacy, Kontak, dan Disclaimer jika perlu.

Caranya adalah masuk ke menu Halaman atau Page di dashboard blogger, dan buat halaman tersebut satu persatu.

Klik gambar untuk memperbesar

Halaman Tentang/About isikan deskripsi tentang isi blog kamu secara lengkap dan sederhana agar dapat menggambarkan sebenarnya blog kamu berisi tentang apa. Singkatnya, halaman ini berisi gambaran umum bagi pembaca tentang topik bahasan blog kita. Setelah selesai, terbitkan.

Berikutnya adalah membuat halaman Privacy Policy atau Kebijakan Privasi. Deskripsikan pada isi halaman ini tentang bagaimana blog kamu menggunakan cache dari pengunjung. Banyak artikel yang menyebutkan halaman ini sangat penting dan berpengaruh terhadap diterimanya permintaan pendaftaran Google Adsense dan ditambah lagi blog kamu akan terlihat lebih profesional.

Halaman yang tidak kalah pentingnya adalah halaman Kontak yang memberitahukan ke pengunjung bahwa kita sebagai penulis dapat dihubungi kapan saja terkait isi dari tulisan kita di blog. Biasanya halaman ini mendeskripsikan metode bagi pembaca agar mudah menghubungi kita sebagai penulis, biasanya melalui email.

Halaman Ketentuan Layanan dan Disclaimer juga dapat ditambahkan pada blog agar lebih mendeskripsikan status kedudukan dan status hukum dari apa saja yang kita tulis dan bagikan di blog.

Beberapa pengaturan blog ini kadang terabaikan dan jarang diketahui utamanya bagi para pembaca yang baru memulai membuat blog, padahal fungsinya sangat penting untuk perkembangan blog kita.

Pengaturan dasar ini sangat penting dan saya sarankan untuk dilakukan pada blog baru dan tidak membatasi pengaturan yang dapat anda lakukan untuk memperindah tampilan blog kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika sekiranya ada yang perlu ditanyakan atau didiskusikan silahkan gunakan kolom komentar.